Bob Sadino – Pengusaha Sukses bergaya sederhana

October 28, 2008 at 4:19 am 16 comments

Sosok berambut putih, bercelana pendek, dan kadang mengisap rokok dari cangklongnya ini begitu mudah dikenali. Gaya bicaranya blak-blakan tanpa tedeng aling-aling. Ia adalah Bob Sadino, pengusaha sukses yang terkenal dengan jaringan usaha Kemfood dan Kemchick-nya. Beberapa kali wajahnya ikut tampil di beberapa sinetron hingga ke layar lebar, meski kadang hanya tampil sebagai figuran.

Penampilannya yang serba cuek itu ternyata sejalan dengan pola pikirnya yang apa adanya. Sebab, menurutnya, apa yang diraihnya saat ini adalah berkat pola pikir yang apa adanya itu. Ia menyebut bahwa kesuksesannya didapat tanpa rencana, semua mengalir begitu saja. Yang penting, adalah action dan berusaha total, dalam menggeluti apa saja.

Totalitas Bob memang patut diacungi jempol, apalagi mengingat lika-liku jalan hidup yang telah ditempuhnya. Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933 yang hanya lulusan SMA ini pernah mengenyam profesi dari sopir taksi hingga kuli bangunan untuk sekadar bertahan hidup.

Saat masa sulitnya, ia pernah hampir depresi. Tapi, ketika itu seorang temannya mengajaknya memelihara ayam. Dari sanalah ia kemudian terinspirasi, bahwa kalau ayam saja bisa memperjuangkan hidup, bisa mencapai target berat badan, dan bertelur, tentunya manusia juga bisa. Itulah yang kemudian mengawali langkahnya untuk berwirausaha. Ia pun kemudian memutuskan untuk makin menekuni usaha ternak ayam.

Pada awalnya, ia menjual telur beberapa kilogram per hari bersama istrinya. Mereka menjual telur itu awalnya dari pintu ke pintu. Dan, dengan ketekunan dan kemampuannya menjaga hubungan baik, telurnya makin laris. Dari sanalah kemudian usahanya terus bergulir. Dari hanya menjual telur, ia lantas menjual aneka bahan makanan. Itulah yang akhirnya menjadi cikal bakal supermarket Kemchick miliknya. Ia kemudian juga merambah agribisnis khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun yang banyak berisi sayur mayur untuk dijual pada orang asing seperti orang Jepang dan Eropa. Hubungan baik dengan orang-orang asing inilah yang kemudian makin membesarkan usahanya hingga ia akhirnya juga memiliki usaha daging olahan Kemfoods.

Dalam menjalankan setiap usahanya, Bob selalu menyebut dirinya tak punya kunci sukses. Sebab, ia percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diimbangi kegagalan, peras keringat, dan bahkan jungkir balik. Menurutnya, uang adalah prioritas nomor sekian, yang penting adalah kemauan, komitmen tinggi, dan selalu bisa menciptakan kesempatan dan berani mengambil peluang.

Bob menyebut, kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir membuat rencana sehingga tidak segera melangkah. Ia mengatakan bahwa ketika orang hanya membuat rencana, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain, muncullah sifat arogan. Padahal, intinya sebenarnya sederhana saja, lakukan dan selalu dengarkan saran dan keluhan pelanggan. Bob membuktikan sendiri, ia yang hanya bermodal nekad, tapi berlandaskan niat dan keyakinan, serta kerja keras pantang menyerah, tanpa teori sukses ia pun bisa jadi seperti sekarang.

Sukses itu bukan teori. Namun didapat dari perjuangan dan kerja keras, serta dilandasi keyakinan kuat untuk mewujudkan cita-cita. Bob Sadino adalah contoh nyata bahwa setiap orang bisa sukses asal mau membayar ”harga” dengan perjuangan tanpa henti.

sumber : http://1001successstory.blogspot.com/2007/12/bob-sadino.html

Entry filed under: Tokoh Lokal. Tags: , , .

JK Rowling – Penulis Super Kaya Steve Jobs

16 Comments Add your own

  • 1. joko sriyono  |  May 18, 2009 at 8:20 am

    salut buat Pak Bob,semoga menjadi inspirasi usaha kami… trimakasih Pak atas ilmunya.wassalam

  • 2. Rendi rusano  |  May 18, 2009 at 2:53 pm

    Wah..wah…ternyata memang ini bukti yang riil bahwa kesuksesan itu berada di alam tindakan bukan hanya dalam ranah alam rencana saja,saya suka dengan mind set pak bob yg sederhana,karena menurut saya simple character is not simple man…!!bagus sbagai inspirator!trimakash pk bob!

  • 3. Rendi rusano  |  May 18, 2009 at 2:56 pm

    Wah,ternyata memang ini bukti yang riil bahwa kesuksesan itu berada di alam tindakan bukan hanya dalam ranah alam rencana saja,saya suka dengan mind set pak bob yg sederhana,karena menurut saya simple character is not simple man!

  • 4. tri yudha bakti  |  May 28, 2009 at 8:51 am

    om bob bagaimana caranya sukses seperti om?

    karena biasanya orang tua saya menyuruh untuk kuliah tapi akhirnya setelah lulus kuliah jadi pegawai yang selalu diperintah oleh bos.
    soalnya om kebanyakan orang tua yang sukses sedangkan anak muda masih jarang sekali sukses,saya ingin jadi anak muda yang sukses

  • 5. Mukhammad Syaifudin  |  July 29, 2009 at 2:41 am

    ASSLAMU’ALAIKUM…
    OM BOB..SAYA PENA BACA BIOGRAFI ANDA BUAGUS BANGET…OROSINIL
    DLU WAKTU DI UKM SAMPOERNA PASURUAN ANDA PENA BILANG USAHA GAK PERLU DG MODAL ….
    CUMA KEMAUNA DAN KEYAKINAN…PASTI BISA

    SDANGKAN SYA BR LULUS TH 2008
    SEBNRYA SAY MPYAI SEMANGAT UTK MEMULI USAHA TETAPI KENPA MODAL YG MENJADI KENDALA SYA….
    DG KT LAIN KERAGUAN SELALU MENGHAMPIRI SY…

    JWABNYA SY TGU DG PENUH HARAPAN…
    WASSLAM…

  • 6. kurniadi  |  August 9, 2009 at 4:44 pm

    Hebat semangatnya Bpk Bob Sadino wajib di tiru oleh anak2 muda di indonesia

  • 7. rhino firmansyah  |  August 11, 2009 at 10:53 am

    om bob.saya barusan d minjam cd yg judulnya mereka bilang saya gila…
    saya ter inspirasi sekli ama prinsip2 om bob..sya skr masi kul dan g jls tujuanya mao k mana..saya ingin menjadi pengusaha seperti om bob….saya sanagat tertarik sekali ngebaca dan ngikuti prinsip2 om bob….
    saya pernah ikt seminar d kampus dan yg pembicaranya om bob sadino..saya jd semangat dan sampai mikir kalo kul d manajemen cuma buat ngotor2in otak buat ber bisnis… tp saya kul cuma untuk memenuhi kewajiban ama ortu sya…dan g tao kapn lulusnya.,saya kalo mao ber bisnis jg g ada modal..tp menurut saya ide2 adalah modal yg paling gede buat ber bisnis.dan bisa melihat peluang…saya pengen mulai dari 0
    saya pengen ketemu ama om bob sadino…

  • 8. septi  |  November 5, 2009 at 12:58 am

    Anda adalah guru besar dalam berwirausaha!!!!…mantap

  • 9. Rizal Dwi Prayogo  |  February 10, 2010 at 4:54 am

    Thx for sharing.
    semoga ilmu entrepreneur nya bisa kita aplikasikan untuk menjadikan Indonesia lebih mandiri dengan berwirausaha..

  • 10. marley penggemballa  |  February 20, 2010 at 1:16 pm

    slam sukseslah buat om bob. . . . ,

    om ajari saya berbisnislah om . . . ,atau kita bisa join bisnis om . . .,
    saya senang bisnis yg bergerak di bidang seni,seperti lukisan,aksesoris gelang ,kalung yg dari akar. . . .,

    berilah saya modal om. . . . ,hhhe

    kapn kita join om????
    saya pnya modal seratus ribu ni om. . .,mau di tambahin jg blh om. . . .,

  • 11. osmanovsky  |  February 23, 2010 at 4:12 pm

    mantab bener…

  • 12. gevin  |  February 28, 2010 at 10:38 am

    omm aku banga indomesia punya penguhasaha berseragam sederhana dengan celana pendek dan perjuangan omm begitu membuat saya menjadi ingin seperti om bob sadino,tanpa sengaja saya mengidolakan om dan saya sebagai penerus bangsa akan berusaha seperti om.

    saya gevin berumur 13 tahun orang yg akan seperti om bob.

  • 13. adenan sukses  |  August 16, 2011 at 3:03 pm

    saya kdng bingung apa bisnis yg pling co2k skrng saya buka countr pnjualn hp walau cuma sewa tp hsilnya lumyan

  • 14. Sanjani Uanak Slawi  |  April 9, 2012 at 7:49 am

    q mengagumimu om bob,,,,,ya meski q tak begitu tau tentang anda,,,,tpi mengingat namamu sudah bisa mmbngkitkan q untuk ttp berjuang,,,,ACTION,,,mantap[,,,,!!!!

  • 15. suryo  |  December 2, 2012 at 6:39 pm

    “ide+action+pintar liat peluang adalah modal utama”, terimakasih inspirasinya om bob

  • 16. pras  |  February 12, 2013 at 7:05 am

    Terima kasih sharenya..
    Kayaknya Indonesia butuh lebih banyak orang seperti pak Bob Sadino ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SEMANGAT..!!

blog ini merupakan kumpulan kisah nyata orang orang yang sukses di bidangnya.. semoga menjadi inspirasi.. :) Kumpulan Biografi Orang Sukses ini dikumpulkan dari berbagai sumber, jika ingin berpartisipasi kirimkan cerita orang sukses anda ke redaksi kami

Jumlah Tamu

  • 30,022 Kunjungan

Paling Sering Di Klik

  • None

%d bloggers like this: