Bill Gates – Berhenti Dari Harvard demi Microsoft

October 27, 2008 at 12:24 pm Leave a comment

Siapa yang tidak kenal Microsoft? Hampir semua komputer sekarang dioperasikan memakai sistem operasi yang user friendly ini. Terlahir dari seorang `hacker` yang serba ingin tahu dan jenius, Bill pertama menemukan lentera jiwanya dari menjebol keamanan komputer sekolah.


William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle,dari seorang pengacara yaitu Bill Gates Jr., dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara.
Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan Matematika. Mengetahui hal ini orang tua Bill, kemudian menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademik yang baik, bernama “Lakeside”. Pada saat itu , Lakeside baru saja membeli sebuah komputer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa lainnya, yang sebagian besar nantinya menjadi programmer pertama Microsoft, sudah menghabiskan semua jam pelajaran komputer untuk satu tahun.
Keahlian komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan menjebol komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Tahun 1968, Bill Gates, Paul Allen, dan dua hackers lainnya disewa oleh Computer Center Corp. untuk menjadi tester sistem keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer perusahaan.
Kemampuan Bill semakin terasah. Pembuatan program system pembayaran, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Dimana mereka membuat sebuah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Bekerja di perusahaan kontraktor pertahanan, dan sebagai penanggungjawab komputerisasi jadwal sekolah, melengkapi pengalaman Bill Gates.
Musim gugur 1973, Bill Gates mendaftar di Harvard University dan mengambil jurusan di fakultas hukum sesuai keinginan ayahnya. Bill mampu dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya selalu segera beralih ke komputer.
Ketika ia bosan dengan Harvard, Gates melamar pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan komputer di daerah Boston. Gates mendorong Paul Allen sahabat karibnya untuk mencoba melamar sebagai pembuat program di Honey-well agar keduanya dapat melanjutkan impian mereka untuk mendirikan sebuah perusahaan perangkat lunak.
Sampai pada akhirnya Desember 1974, Bill bersama sahabat karibnya tersebut membaca artikel majalah yang memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Mereka kemudian menyadari bahwa era “komputer rumah” akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer – komputer tersebut sangat dibutuhkan. Dan ini merupakan kesempatan besar bagi mereka.
Kemudian dalam beberapa hari, Gates menghubungi perusahaan pembuat Altair, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap. Dan walaupun, ini adalah kali pertama bagi Bill dalam mengoperasikan Altair, tidak disangka ternyata BASIC dapat bekerja dengan sempurna!
Setahun kemudian Bill Gates memutuskan untuk meninggalkan Harvard dan akhirnya mendirikan perusahaan “Microsoft” bersama sahabat karibnya. Bersama Microsoft, Bill dapat mewujudkan mimpi-mimpinya untuk memberikan sistem pada komputer rumahan yang user friendly bagi setiap orang. Dan tentu saja, sekaligus menjadi orang terkaya di dunia saat ini. [dr.m]

sumber : http://www.lenterajiwa.com/inspirasi.php?Nid=46

Entry filed under: Tokoh Mancanegara. Tags: , , , .

Purdi E. Chandra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SEMANGAT..!!

blog ini merupakan kumpulan kisah nyata orang orang yang sukses di bidangnya.. semoga menjadi inspirasi.. :) Kumpulan Biografi Orang Sukses ini dikumpulkan dari berbagai sumber, jika ingin berpartisipasi kirimkan cerita orang sukses anda ke redaksi kami

Jumlah Tamu

  • 30,022 Kunjungan

Paling Sering Di Klik

  • None

%d bloggers like this: